Berbagai Penyebab Komputer Rusak dan Solusinya

By | April 29, 2018

Hai teman-teman pembaca, kali ini saya akan membahas masalah perihal komputer rusak tidak mau masuk windows dan juga solusinya. Tentunya beberapa dari kita mungkin sudah mencoba berbagai macam solusi ya, entah itu mencoba melakukan reboot ulang, safe mode, mematikan dan menyalakan lagi komputer hingga mengetes apakah masih ada tegangan yang mengalir di komputer kita.

Hal itu semua tentunya akan sia-sia jika ternyata kita mendapati bahwa komputer kesayangan kita telah rusak, tetapi bagaimana kita bisa tahu bahwa komputer kita rusak? tentunya kita harus memahami dulu ciri-ciri komputer rusak yang terjadi pada perangkat keras kita.

Komputer Rusak

Penyebab komputer rusak tentunya cukup banyak, sayangnya disaat banyaknya penyebab tersebut tidak dibarengi dengan solusi yang pada dasarnya tidaklah se-simple itu. Banyak sekali alasan atau penyebab dari komputer tidak mau hidup, oleh karena itu beberapa hal ini ada baiknya kita lakukan

Penyebab Komputer Rusak

penyebab komputer rusak

Ilustrasi penyebab komputer rusak

Kita sebagai user tentunya jarang merasa bersalah dan lebih memilih untuk bingung dari pada mengintropeksi diri sendiri, nah supaya teman-teman mengakui kesalahan, berikut ini ada beberapa penyebab dari rusaknya komputer yang saya pernah alami.

1. Managemen Kabel yang Buruk

Hal ini sudah sangat umum terjadi dan untuk mencegahnya kita bisa menggunakan sisi komputer bagian satunya untuk me-manage atau menyusun kabel agar terlihat lebih rapi dan tertata, sebenarnya kerusakan bukan dikarenakan managemen kabelnya melainkan kabel yang sangatlah mungkin terkena kipas prosesor.

2. Menggunakan Hardware Bekas

Menginginkan kualitas tinggi dengan harga murah merupakan hal yang sangat mendasar bagi para penjual sekaligus pembeli yang merakit komputer. Disinilah kita mungkin dibutakan oleh kenyataan bahwa tak selamanya hardware bekas bagus dan tak selamanya hardware murah merupakan jalan keluar yang baik.

3. Salah Socket

Hal yang sangat jarang tapi pernah dialami dan sangat fatal karena bisa berpotensi merusak seluruh komponen yang ada pada motherboard kita. Bahkan kabel yang terbalik socketnya bisa bergelembung dan merusak kabel itu sendiri, jadi mohon dengan sangat teman-teman untuk memperhatikan saat melakukan pemasangan.

4. Mematikan komputer secara paksa

Komputer hang, freeze, lagging, kekurangan resource memory bukan hal jarang yang dialami pengguna. Sering kali kita tidak sabaran den memilih jalan pintas untuk menekan tombol power yang lama dan langsung menyalakan kembali, sebenarnya memang tidak dilarang tapi pastinya akan berdampak buruk, paling ringanya anda harus menginstall ulang OS anda karena ada file yang corrupt karena berhenti saat sedang berjalan.

Tips Mencegah Komputer Rusak

mencegah komputer rusak

Ilustrasi mencegah komputer rusak

Lain cerita dengan laptop, mungkin beberapa saran saya ini dapat membantu teman-teman agar komputer tetap terjaga dan sehat. Mengutip beberapa hal dari situs mekanikkomputer.com berikut ini beberapa saran dari saya untuk menjaga kualitas dan kesehatan komputer anda

1. Memastikan Arus

Mungkin beberapa dari kita kurang peka terhadap tenaga yang dibutuhkan oleh komputer, seringkali kita menggunakan perangkat keras yang seakan “yang penting nyala” untuk komputer kita, dimana hal seperti inilah yang justru berbahaya bagi kesehatan komputer kita. Pastikan kembali apakah daya yang dibutuhkan memang tercukupi, dan apakah dapat mengalir dengan baik

2. Mengecek Kesehatan Hardware

Apakah komputer kalian berdebu, berkarat, atau sudah hampir lapuk termakan usia? jika iya berarti inilah salah satu penyebab yang mungkin membuat komputer kalian sakit. Ada baiknya juga bagi kita para user yang masih awam seperti saya, menggunakan perangkat berkualitas dan bukan membeli barang bekas, meskipun harganya bisa dibilang lebih murah tetapi biaya untuk memperbaikinya lebih mahal.

3. Memilih Lokasi yang Baik

Hampir semua teman saya yang perokok sangat tidak memperhatikan bahaya dari asap yang bisa ditimbulkan baik untuk dirinya sendiri ataupun perangkat yang terkena asap. Seperti misalnya, monitor yang terlalu sering dan lama terkena asap monitor lama kelamaan akan ada bercak seperti warna kuning yang membuatnya semakin lama lebih mudah rusak, apalagi komponen yang ada di dalam PCB atau Printed circuit board (MoBo)

4. Menggunakan Secukupnya

Ada beberapa komputer yang memang mampu dan dibuat untuk kinerja yang lama, seperti server yang menyimpan video cctv atau semacamnya. Berbeda dengan Personal Computer atau PC yang kita gunakan untuk penggunaan sehari-hari seperti mengetik, bekerja, dan bermain game yang membutuhkan waktu istirahat agar perangkat tidak mudah rusak.

5. Memperlakukan Dengan Baik

Sering kali kita emosi ketika komputer yang kita gunakan tiba-tiba lemot disaat-saat yang genting seperti deadline tugas atau sedang mengirim email. Disinilah kesabaran kita diuji, jika kita memperlakukan komputer dengan kasar bisa jadi tanpa kita sadari secara reflek karena emosi bisa merusak, jadi berhati-hatilah.

Demikian artikel yang membahas komputer rusak dari saya, semoga bermanfaat dan dapat menambah wawasan kita semua, sekian dan terimakasih.